img

TRICK CERDAS PILIH BUAH – BUAHAN YANG SEGAR DAN ENAK DI PASAR

Siapa, sih yang tisak tahu bahwa buah – buahan adalah sumber makanan penting karena kaya kandungan nutrisi. Akan tetapi, tidak semua orang menyukai buah – buahan. Atau hanya mau mengkonsumsi buah – buahan tertentu saja.  Atau memang hanya mau menikmati jus buah ketimbang makan buah – buahan begitu saja. Hal ini dikarenakan manfaatnya yang tinggi, sebaiknya anda tidak putus asa menyajikan buah – buahan untuk keluarga di rumah. Setiap kali belanja ke supermarket atau pasar, jangan lupa memenuhi keranjang belanjaan dengan beragam buah – buahan. Sejumlah buah dapat mengoptimalkan pencernaan serta penyerapan karbohidrat, protein dan lemak.  Dalam proses pencernaan, tubuh memerlukan berbagai enzim pencernaan.  Seperti protease, lipase, dan amino. Buah kiwi hijau misalnya, mengandung actinidin yang merupakan enzim protease.  Dimana actinidin ini mampu membantu pencernaan protein lebih cepat dibandingkan pencernaan normal.

Gunakan Trik Cerdas Ini Saat Memilih Buah – Buahan

Pernahkan anda merasa kesal saat mencoba buah yang anda beli ternyata tidak manis?  Anda pasti akan kecewa berat dan mengira supermarket atau ibu – ibu buah di pasar mengerjaimu? Padahal, kamu tidak tahu cara memilih buah, kamu pasti tidak akan menemukannya lagi. Kekecewaan karena salah membeli buah. Berikut ini cara – cara memilih buah yang manis diantaranya:

  • Pepaya

Saat memilih pepaya pastikan anda menghindari yang keras. Karena itu artinya belum matang. Anda harus menghindari pepaya dengan warna dominan oranye, karena itu artinya terlalu matang. Bisa jadi daging buahnya terlalu lembut. Selain itu pilih yang memiliki gradasi warna atau hijau dan orange.  Selain itu, anda harus memperhatikan bentuknya. Jangan yang pangkalnya besar. Tetapi, pilih yang ujungnya kecil atau sebaliknya.  Pilih yang bentuknya lurus memanjang agar mendapat kematangan sempurna.

 

  • Mangga

Memang agak sedikit susah untuk memilih mangga dari warnanya.  Karena memang warna hijau juga bisa berarti mangga tersebut sudah matang. Sebaliknya, warna orange juga bisa jadi mangga itu asam. Sebaliknya jangan tergantung pada warna saat memilih mangga.  Memilih mangga yang manis sebaiknya dilakukan dengan cara memijit buahnya.  jangan yang keras, karena itu sudah masih mentah. Jangan pula yang lembek, karena itu artinya mangga hampir busuk. Selain itu, menghirup aromanya juga bisa dijadikan pegangan untuk mengetahui apakah mangga tersebut manis atau tidak, Hindari mangga yang kulitnya berkerut.  Karena memang tendanya belum matang.

 

  • Jeruk lokal

Memilih jeruk tidak bisa diperlakukan seperti buah mangga yang bisa mencium aromanya. Jeruk memiliki aroma yang sama tanpa bisa diketahui manis atau tidaknya.  Cara memilih jeruk yang baik adalah ujungnya cekung. Karena memang biasanya itu tanda sudah manis. Selain itu menekan jeruk bisa juga menjadi acuan mengetahui manis tidaknya.  Jeruk yang berkulit tebal biasanya kandungan airnya sedikit. Akan tetapi rasanya manis. Jika memang ingin kandungan airnya banyak, carilah yang kulitnya tidak terlalu tebal.

 

  • Apel

Anda bisa memilih apel yang baik dari warna dan teksturnya. Jika warna apel sudah terlalu kecokelatan dan permukaannya terlalu empuk. Maka sudah terlalu matang, memilih apel yang segar juga bisa dengan cara mengetuknya dengan jari.  Jika bunyinya nyaring, artinya apel masih renyah dan mengandung banyak air. Sebaliknya jika bunyinya berat, maka apel sudah tidak lagi renyah.

Itulah beberapa tips cara memilih buah yang enak di pasaran. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda saat mencari buah.